Keutamaan infaq, shodaqoh, shodaqoh jariyah

MENURUT ALQUR’AN DAN HADIST,
 Pembaca yang budiman sebelum penulis rubric ini mencritrakan tentang kedahsyatann judul tersebut diatas , maka ijinkanlah kami untuk sama-2 berbagi dan menelaah secara utuh , sangat kita ketahui bahwa manusia begitu kecil dihadapan Alloh , tetapi megapa diantara manusia masing-2 mempunyai karakter yg berbeda, kadang ada yg berpenampilan baik dan tdk baik atau lebih extrimnya gengsi, oleh karena itu mari kita sama-2 menghayati keistimewaan judul tersebut diatas , walaupun manusia dihadapan Alloh kecil tetapi juga didalam diri manusia itu sendiri terdapat kedahsyatan yang sangat hebat , oleh karena melaksanakan perintah Alloh dan Rosulnya .


*** Alloh berfirman dalam surat As-Saba’ ayat 39 :
“ dan tiada kamu membelanjakan ( menginfaqan ) sesuatu, melainkan Alloh akan menggantikannya


Didalam ( QS. Albaqoroh ayat 272 ) :
“ Tiada dari sesuatu yang kamu dermakan ( Infaqan ) melainkan hasilnya ( pahalanya ) dan keutamaannnya untuk dirimu sendiri , dan tiada kamu berbelanja ( berinfaq ) kecuali untuk mengharap keridhoan Alloh. serta tiada kamu berinfaq sesuatu kebaikan melainkan akan dikembalikan penuh kepadamu , sedang kamu tidak dirugikan “ ( Sub. Alloh ) .

( QS . Albaqoroh ayat 273 )
“ dan semua yang kami ( infaqan ) hartamu , maka Alloh maha mengetahuinya.

Dari keistimewaan -2 firman Alloh maka disambut dan ditegaskan oleh baginda Rosullulloh saw. :

Dengan sabdanya : Sesungguhnya memberikan shodaqoh itu bisa memadamkan Qubur yang akan di alami oleh pemberinya, , serta seseoranng mu’min hanya berlindung dibawah naungan shodaqohnya,

Sabda rosullullloh saw : Bershodaqolah , sesungguhnnya shodaqoh itu pelepasmu dari api neraka dan memberikan shodaqoh itu bisa mencegah mati dalam keadaan jelek ( su’ul qotimah ) .

Rosullulloh saw bersabda dalam Hadistnya :
Tiap-2 para hamba Alloh menempuh waktu paginya tentulah ada dua malaikat yang turun untuk berdo’a : MALAIKAT yang satu berdoa “ Ya Alloh berilah ganti ( Balasan yg berlipat ) pada orang-2 yang suka memberi ( dermawann ) terhadap hartanya, sedangkan MALAIKAT yang kedua Berdoa : Ya Alloh berilah pada orang yang kikir atau Bakhil itu kehancuran , kemusnaan pada hartanya .


Wahai para sahabat betapa sedih dan terenyuhnya hati ini pabila menyimak dan menghayati semua yang diperintahkan, bahwasanya manusia itu kebanyakan beretorika tiada kepastian didalam perjalanan kesehariannya, hanya saat-2 tertentu manusia ingat pada FIRMAN DAN SABDANYA seperti tersebut di atas, suatu contoh yang kecil : di saat sholat betapa indahnya seseorang ingin dekat dan menjumpai Alloh dengan dzikirnya , tetapi apabila setelah selesai sholatnya maka seseorang di hadapkan pada keadaan serta situasi yang berbeda ( kami meminjam perkataan yang extrim, “ keras “ ) maka disitulah ujian akan muncul sebuah pilihan kata hati : Iman , Taqwa , serta shodaqoh , atau mungkin menjadi hilang semua tak terkendali.

Demikianlah sedikit rangkuman-2 tentang judul tersebut diatas , semoga menambah wawasan dan berbagi pengetahuan diantara kita , serta makin bertambahnya Iman. Dan apa bila ada kekeliruan dan
kekurangan dalam penulisan ini kami mohon maaf . Wass. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar